Sabtu, 06 April 2013

Bag 2 : BISNIS IDAMAN, SEBUAH KEAJAIBAN, " BISNIS TANPA MODAL BESAR TAPI POTENSI PENGHASILANNYA KONGLOMERAT



 5 KARAKTERISTIK BISNIS IDAMAN
Ini dia ….5 KARAKTERISTIK BISNIS IDAMAN
Semua orang mendambakan sebuah bisnis yang memiliki karakteristik:

  1.  Modal rendah. Jika terjadi kegagalan dalam bisnis yang sedang ditekuni, maka kegagalan tersebut tidak akan mengakibatkan kerugian yang besar.
  2.  Adanya pengarahan, bimbingan dan dukungan. Pengarahan,- bimbingan dan dukungan mi diharapkan dapat memberikan informasi tentang:

  • a.      Cara memulal bisnis tersebut.
  • b.      Cara mengelola dan mengembangkan bisnis tersebut.
  • c.       Cara menyelesaikan persoalan yang timbul dalam bisnis tersebut.
  • d.      Cara menghadapi hambatan yang ada.
  • e.      Pembimbingan yang mampu mengingatkan dan memberikan motivasi, serta membantu untuk kembali berdiri tegak saat mengalami sebuah kejatuhan, seperti: pertemuan, training, seminar, dsb.
        3.    Resiko kecil. Jika mungkin, bisnis tersebut tidak beresiko sama sekali.
4.    Pendapatan besar. Tingkat pendapatan mi diharapkan dapat terus dikembangkan hingga tidak terbatas.
5.    Ekspansi mudah. Bisnis mi harus blsa diperluas wilayahnya hingga seluas-Iuasnya.
Selama ini, belum pernah ditemukan karakteristik bisnis idaman tersebut. Ketika muncul sebuah peluang bisnis dengan karakteristik yang selama ini dicari, banyak orang justru TIDAK PERCAYA.
Akibatnya, reaksi mereka adalah:
• Memandang sebelah mata pada bisnis tersebut.
• Mencurigai bisnis tersebut dan menganggap semuanya itu hanya kebohongan dan penipuan belaka.
• Menghindari dan menganggap bisnis tersebut tidak mungkin untuk dilakukan.
Sebenarnya, bisnis idaman tersébut adalah bisnis multi-level marketing (biasanya disingkat bisnis MLM) atau bisnis network marketing. Saat kita menyerahkan biaya pendaftaran untuk menjadi anggota, atau distributor, sebuah perusahaan MLM, kita akan memperoleh paket informasi perdana. Untuk menyebut paket informasi mi beberapa perusahaan menggunakan istilah Distributor Kit, Starter Pack, atau Starter Kit.
Adapun karakeristik dari bisnis MLM adalah:

1. MODAL RENDAH
Modal yang dibutuhkan untuk menjalankan bisnis MLM tidaklah tinggi, hanya berkisar pada puluhan ribu rupiah. Rendahnya modal awal ini disebabkan karena:
·         Sebagal distributor/agen perusahaan MLM kita tidak harus menyediakan tempat seperti ketika kita membuka toko, atau kantor, untuk jenis usaha lainnya. Kita bisa menggunakan rumah kita sebagai tempat usaha. Bahkan, ada perusahaan MLM yang menyediakan tempat/ kantor sebagai pusat kegiatan para agen/ distributornya.
·         Sebagai distributor/agen kita tidak, perlu memiliki persediaan/stok barang yang banyak, cukup hanya sebagai contoh produk saja. Kalaupun kita ingin memiliki persediaan produk, persediaan itu hanya bertujuan untuk memudahkan kita dalam melakukan transaksi. Ketika terjadi transaksi di rumah konsumen atau prospek, kita tidak perlu membuang waktu untuk perjalanan pulang pergi dan numah konsumen ke kantor perwakilan perusahaan hanya untuk membeli satu, atau dua, botol produk saja. Persediaan, atau stok barang yang besar, dilakukan oleh pihak perusahaan, ataupun pihak yang telah ditunjuk oleh perusahaan, sebagal perwakilan di wilayah tersebut. Hal inilah yang membuat distributor! agen sebuah perusahaan MLM tidak membutuhkan modal yang besar.
·         Sebagai distributor/agen kita tidak perlu mengeluarkan biaya untuk menggaji manajemen. Perusahaan MLM biasanya telah menyiapkan manajemen untuk menangani bidang admisnistrasi serta seluruh kegiatan operasional lainnya. Dengan demikian, para distribtuor/agen cukup hanya memfokuskan din pada bidang pemasaran dan pembentukan jaringan rekan kerja (networking).
Selain itu, modal awal yang kita sediakan sebenarnya hanya digunakan untuk mengganti biaya cetak dari:
1.      Lembaran brosur yang mengulas tentang profil perusahaan.
2.      Lembaran brosur yang berisi keterangan mengenai produk-produk yang dimiliki perusahaan.
3.      Lembaran informasi yang berisi rencana bisnis perusahaan. Informasi yang diberikan meliputi jumlah pendapatan yang bisa diterima, cara memperoleh pendapatan yang Iebih besar lagi, serta Iangkah-Iangkah, atau persyaratan, yang harus dipenuhi, baik dalam volume penjualan, maupun banyaknya jumlah rekan kerja yang berhasil dibentuk.
Dengan mendaftar sebagai distributor, atau anggota, maka kita resmi menjadi PEMILIK PERUSAHAAN yang bergerak di bidang distribusi dan produk-produk yang dimiliki oleh perusahaan tersebut.
Bagian 1 

Tidak ada komentar:

Posting Komentar