Rabu, 24 April 2013

Kisah Motivasi: MERUBAH DUNIA, awali ndengan merubah diri Anda



MERUBAH DUNIA: 
rubah dulu diri Anda!


Pada zaman dahulu (ya.. ini kata2 awal favorit sebuah dongeng) di negeri China, terjadi peristiwa pernikahan, (ya tentu antara seorang pria dan  wanita).  Sama2 dari keluarga kaya dan terpandang. Si pria anak tunggal dan sangat disayangi ibunya. Yang wanita  adalah gadis tercantik di kota tersebut, sebut saja namanya  Lie Hua, dan sangat wajar pria tersebut sangat mencintainya.
Adalah hal yang biasa setelah menikah maka anak wanita akan meninggalkan orang tuanya dan pindah ke rumah suaminya tinggal bersama dengan mertuanya.
Beberapa bulan berlangsung, Si-ibu  merasakan anak lelakinya kini memberi perhatian lebih kepada istrinya dibandingkan kepada dirinya. Sang istri juga mempunyai perasaan yang sama. Dia merasa sang suami yang ‘anak mama’ini sering mengabaikan dirinya untuk kepentingan ibunya yang kadang serasa mengada-ada untuk sengaja merebut perhatian suaminya.
Bisa dibayangkan bagaimana sulitnya hubungan menantu dan mertua ini. Dua wanita bersaing memperebutkan cinta dan perhatian “laki-laki” yg sama.  Setiap hari ada ketegangan-ketegangan baru, dan yang tadinya perang diam-diam telah pecah menjadi perang terbuka.
Sampai akhirnya Lie Hua tidak tahan dan sampai pada pemikiran untuk meracuni mertuanya hingga mati. Lie Hua teringat Tabib, sahabatnya.
Pergilah Lie Hua ke toko obat  tabib tersebut. Sejak menikah, setiap pergi untuk beli obat Lie Hua memanfaatkan kesempatan untuk curhat kepada tabib sahabatnya tsb. Saat pemikirannya telah bulat untuk meracuni sang mertua, maka disampaikan niat itu kepada sang tabib.
“Saya ga tahan.. saya sudah ga kuat. Saya akan racun wanita itu. Tolong saya buatkan racun yang mematikan, sekali makan langsung mati!” Ujar Lie Hua penuh emosi
Maka Sang tabib sahabatnya berkata: “Kalau saya memberikan kamu racun yang kuat maka semua orang akan langsung mencurigai kamu sebagai pembunuhnya dan akan menyerahkanmu ke pemerintah untuk menjalani hukuman gantung. Oleh sebab itu saya akan meramu racun yang lemah, yang bekerja perlahan sehingga setelah lama dia makan racun itu, baru akan mati. Dan untuk menghilangkan kecurigaan orang-orang kepadamu, kamu harus berubah sikap kepada mertuamu. Kamu harus berbuat baik kepadanya dan memasakkan makanan kesukaannya setiap hari , lalu kamu bubuhi racun ini.”
Dengan senyum senang, pulanglah Lie Hua ke rumah dan mulai hari itu Lie Hua menjalankan strategi yang dianjurkan oleh sang tabib. Sikap Lie Hua berubah, menjadi penyabar, penyayang walaupun sang mertua berbuat kasar kepadanya sekalipun. Lie Hua menguatkan dirinya untuk tidak melawan sedikitpun. Pokoknya apapun yang ibu mertuanya inginkan dia turuti.
Maka dengan berjalannya waktu belum genap 3 bulan, sikap mertua pun berubah sayang kepada Lie Hue, bahkan semakin hari semakin sayang melebihi sayangnya kepada anak lelaki yang merupakan suaminya. Maka menyesallah Lie Hua akan niat buruknya, karena dia sendiri pun yang awalnya berpura-pura sayang menjadi benar-benar sayang kepada mertuanya. Karena ibu mertuanya sekarang jadi tulus sayang padanya.
Dengan raut sedih, datanglah Lie Hua ke toko obat untuk menemui tabib sahabatnya. Menyesal dan mulai menangis karena Lie Hua tahu bahwa usia mertua tersayang tinggal 15 hari lagi.
“Tolong… tolong ibuku, dia wanita baik, dia ibuku. Dia tidak boleh mati. Aku menyesal… aku bersalah. Berikan aku obat penawarnya.”  Lie Hua dengan meratap sambil menangis bercucuran air mata memohon kepada tabib untuk memberikan obat penangkal racunnya.
 Namun dengan senyum bijaksana, sang tabib berkata, “Tenanglah Lie Hua, karena racun yang selama mi kamu berikan kepada mertuamu bukanlah racun yang sesungguhnya, tetapi suplemen kesehatan. Racun kedengkian di hati kalian berdua telah punah dengan perubahan sikapmu, Lie Hua.”
Kisah tersebut menginspirasi saya bahwa kite tidak bisa mengubah seseorang ape lagi dunia jika kite sendiri tidak berubah. Jika hubunganmu dengan orang-orang di sekelilingmu serasa sulit, mulailah rubah dirimu. Mulailah dari diri kita, di saat kita berubah maka hanya masalah waktu saja dunia akan berubah bersama dengan kita.
Berubahlah, jika selama ini Anda merasa dunia atau kehidupan begitu keras kepada Anda. Berubahlah diri anda untuk mau bekerja keras, berpikir positif dan berjuang, maka hanya masalah waktu saja dunia atau kehidupan akan lunak kepada Anda. Karena jika Anda lunak kepada din Anda, make kehidupan akan keras kepada Anda, namun jika Anda keras kepada din Anda, maka kehidupan akan lunak kepada Anda. Hidup mi adalah pilihan teman. Dan saya yakin Anda punya ilihan yang bijaksana.

Dikutip dari majalah Global Network, dengan beberapa perubahan.


 Bgm memulai mengembangkan diri ? 
    
Anda bisa mulai dengan          BISNIS IDAMAN

Tidak ada komentar:

Posting Komentar